McLiam "Happy Browsing"
Rabu, 31 Desember 2014

Belajar Pascal I (langkah pembuatan program/aplikasi)

        Assalamualaikum wr wb
     Saya ingin berbagi pengetahuan tentang Pascal, salah satu bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat program-program yang terbilang sangat sederhana (cmd).  Bahasan pemrograman Pascal ini tidak dipakai untuk membuat program yang biasa kita pakai sekalipun program yang sangat sederhana, tapi Pascal ini bertujuan untuk mengasa logika para programer muda yang ingin bergelut dalam dunia program. Mengapa harus bahasa pemrograman Pascal yang dipakai? Sebab, bahasa Pascal merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah dimengerti disebabkan perintah-perintahnya yang mudah karena sudah menyerupai bahasa manusia (bahasa inggris).
      Nahh.. Itu tadi pengantar tentang bahasa Pascal. Sekarang mari kita belajar sedikit demi sedikit tentang bahasa Pascal ini. Saya dalam hal ini tidak akan membuat hanya satu postingan untuk mempelajari bahasa Pascal ini, tapi akan membuat postingan-postingan lanjutan untuk lebih efektifnya.
     Hal pertama yang perlu diingat adalah langkah-langkah membuat aplikasi. ada beberapa poin utama yang perlu dierhatikan dalam membuat aplikasi dan saya menyimpulkannya sebagai berikut :
  1. Menganalisa masalah.
       Ketika kita memdapat tugas untuk membuat aplikasi/program, kita tidak serta-merta langsung berhadapan dengan monitor. Sebelum itu, kita perlu menganalisa masalah atau lebih mudahnya lagi kita perlu mencari tiga poin penting dalam masalah yaitu input (masukan), process (langkah penyelesaian), dan output-nya (keluaran-nya).
  2. Mendesain logika program dengan menggunakan dua alat bantu (Algoritma atau Flowchart).
       Setelah kita menemukan input, process, dan output dari suatu masalah, selanjutnya kita akan mendesain logika program dengan menggunakan salah satu atau kedua-duanya dari alat bantu, algoritma dan flowchart. Kita akan mempelajari tentang algoritma dan flowchart pada pertemuan selanjutnya.
  3. Menerjemahkan desain logika program.
       Pada bagian ini kita akan menerjemanhkan desain logika yang berpatokan dari algoritma atau flowchart yang telah dibuat kedalam bahasa pemrograman yang sesuai, dalam hal ini kita akan menggunakan bahasa Pascal.
  4. Menguji program yang dibuat.
         Program yang kita buat harusa diuji terlebih dahulu, apakah program yang kita buat sudah bebas dari kesalahan yang terjadi karena kesalahan logika atau syntax program itu sendiri. Perlu diketahui bahwa kesalahan logika itu terjadi karena kesalahan programer yang salah melogikakan program yang dia buat.  Apabila terjadi kesalahan logika, program akan tetap jalan namun keluaran (output) atau hasil yang diinginkan tidak tercapai. Sedangkan kesalahan syntax terjadi karena kesalahan programer yang salah membuat (mengetik syntax) program yang akibatnya membuat program itu tidak bisa berjalan.
  5. Implementasi.
       Setelah program yang kita buat bebas dari kesalahan, baik kesalahan logika maupun sytaxnya, kita baru bisa menerapkan aplikasi/program yang kita buat.
Jadi itulah langkah-langkah yang perlu kita perhatikan dalam membuat program/aplikasi. Program/aplikasi yang kita buat jika mengacu pada langkah-langkah tadi, insyaallah bisa berjalan dengan baik dan benar.

      "Semoga bermanfaat bagi pembaca juga bagi diri saya sendiri. Sekian dan Terima kasih."

Terima kasih telah berkomentar.