McLiam "Happy Browsing"
Sabtu, 03 Januari 2015

Belajar Pascal II (Algoritma dan Flowchart)


      Dalam membuat sebuah program, algoritma dan flowchart adalah acuan anda dalam membuat program agar program yang anda buat bisa lebih mudah dikerjakan dan terstruktur dengan baik. Algoritma dan flowchart tidak hanya ada dalam dunia pemrograman saja, tapi juga dalam bidang ilmu lain. Sebenarnya algoritma dan flowchart jika ditinjau dari pengertiannya secara umum, mungkin tidak selaras dengan pemrograman tapi maksud dan tujuannya sama, yaitu membantu untuk menyelesaikan masalah. Algoritma dalam pemrograman merupakan langkah-langkah yang ditulis secara terstruktur dan logis dengan menggunakan kalimat terbatas. Sedangkan flowchart dalam pemrograman adalah bagan alur yang digunakan untuk menyelesaikan progam dengan menggunakan simbol-simbol. Saya akan membatasi pembahasan algoritma dan flowchart sebatas ruang lingkup pemrograman saja.
  1. Algoritma.
          Dalam membuat sebuah algoritma terdapat dua bagian penting, yaitu deklarasi dan deskripsi. Deklarasi adalah bagian untuk mendefenisikan semua nama yang dipakai dalam penulisan program. Nama tersebut mencakup nama peubah, nama tipe, nama prosedur, dan nama fungsi. Sedangkan deklarasi adalah bagian yang berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah yang penulisannya harus terstruktur karena pelaksanaan perintah ditentukan oleh urutan penulisan.
             Sebagai contoh, berikut adalah algoritma program menghitung luas persegi panjang :
             Algoritman_Luas_Persegi_Panjang
             Deskripsi :
                                 Luas, p, l : integer
             Deklarasi :
                                 1. Mulai
                                 2. Input : p, l
                                 3. Luas := p * l
                                 4. Output : Luas
                                 5. Selesai
  2. Flowchart.
          Merujuk dari pengertian flowchart itu sendiri, flowchart mempunyai simbol-simbol tertentu dalam penulisannya. Setiap simbol mempunyai fungsinya masing-masing. Simbol-simbol tersebut sebagai bertikut :




    Untuk lebih memahami penggunaan simbol-simbol di atas, saya akan memberikan contoh sesuai dengan algoritma program luas persegi panjang tadi :

     

             Cukup sekian pembahasan mengenai algoritma dan flowchart pada pemrograman. Semoga dapat membantu.
                       "Semoga bermanfaat bagi pembaca juga bagi diri saya sendiri. Sekian dan Terima kasih."

Terima kasih telah berkomentar.